ALQURAN
Rencana Pembelajaran Semester
Informasi Umum
Mata Kuliah : al-Qur’an
Kode :
Bobot : 2 SKS
Program Studi : Pendidikan IPS Ekonomi
Semester/Kelas : I/A – C
Deskripsi Mata Kuliah :
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya. Secara garis besar al-Qur’an mengandung ajaran tentang aqidah, syariah, dan akhlak. Untuk dapat mengenal, memahami, dan menafsirkan al-Qur’an tidak hanya berbekal pengetahuan bahasa Arab, melainkan dibutuhkan berbagai macam ilmu guna untuk mengungkap makna yang terkandung dalam al-Qur’an.
Mata kuliah ini mengkaji tentang ilmu-ilmu tentang al-Qur’an. Pembahasannya mencakup seluruh materi yang berhubungan dengan al-Qur’an, baik dari segi penyusunannya, pengumpulannya, sistematikanya, ilmu nuzul al-Qur’an, ilmu Asbab al-nuzul, dan materi lain yang berhubungan dan yang ada sangkut pautnya dengan al-Qur’an. Materi ini sangat penting bagi mahasiswa untuk memperluas pandangan dan pengetahuan tentang al-Qur’an guna untuk membantu dalam memahami dan menafsirkannya. Di samping itu juga diharapkan dapat membangkitkan gairah mereka untuk lebih tekun membaca dan mengamalkan isi kandungan al-Qur’an.
Dengan bekal mata kuliah ini, terlebih lagi mata kuliah ini termasuk dalam kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian, pengembangan tenaga pendidik (sarjana) yang beriman, bertaqwa, berbudi luhur, memiliki tanggung jawab tidak hanya sebagai makhluk sosial tetapi juga sebagai makhluk Tuhan dengan menjadikan nilai-nilai keagamaan dan nilai-nilai normatif menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, dapat tercapai.
Standar Kompetensi:
Mahasiswa mempunyai wawasan tentang teori, konsep, dan prinsip-prinsip dalam ulum al-Qur’an guna memahami dan mendalami kandungan al-Qur’an dan menafsirkannya.
Hasil Belajar
1. Mahasiswa mengetahui pengertian, ruang lingkup pembahasan, cabang-cabang (pokok bahasan), serta perkembangan Ulum al-Qur’an.
2. Mahasiswa mengetahui sejarah turunnya al-Qur’an, hikmah diwahyukannya al-Qur’an secara berangsur-angsur, dan bagaimana penulisan al-Qur’an pada masa Nabi saw., Khulafa al-Rasyidin, dan pasca masa khalifah.
3. Mahasiswa dapat menjelaskan dan membandingkan pendapat ulama tentang Rasm al-Qur’an.
4. Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan macam-macam Asbab al-Nuzul, ungkapan-ungkapan Asbab al-Nuzul, urgensi dan kegunaannya, serta cara mengetahui Asbab al-Nuzul.
5. Mahasiswa dapat mengetahui secara komprehensif tentang pengertian Munasabah al-Qur’an, macam-macamnya, serta urgensi dan kegunaan mempelajarinya.
6. Mahasiswa dapat mengetahui dan menganalisis mana ayat-ayat dan surat-surat Makkiyyah dan Madaniyyah dalam al-Qur’an.
7. Mahasiswa dapat menjelaskan sikap para ulama terhadap ayat Muhkam dan Mutasyabih dan dapat membandingkannya.
8. Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam al-nasikh dan al-mansukh, manfaat mempelajarinya, serta pendapat ulama tentangnya.
9. Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam mu’jizat al-Qur’an dan segi-segi kemu’jizatannya.
10. Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan tafsir, ta’wil, dan tarjamah, mengetahui klasifikasi Tafsir bi al-Ma’tsur dan bi al-Ra’yi, serta dapat menerapkannya
Materi
Untuk mencapai harapan di atas, mahasiswa akan diberikan materi pelajaran sebagai berikut:
1. Ulum al-Qur'an dan Perkembangannya:
a. Pengertian Ulum al-Qur'an
b. Ruang lingkup Pembahasan Ulum al-Qur'an
c. Cabang-cabang (pokok bahasan) Ulum al-Qur'an
d. Perkembangan Ulum al-Qur’an
2. Sejarah Turun dan Penulisan al-Qur'an
a. Pengertian al-Qur'an
b. Hikmah diwahyukan al-Qur'an secara berangsur-angsur
c. Penulisan al-Qur'an pada masa Nabi
d. Penulisan al-Qur'an pada masa Khulafa al-Rasyidun
e. Penyempurnaan Pemeliharaan al-Qur'an setelah masa Khalifah
3. Rasm al-Qur'an
a. Pengertian
b. Pendapat tentang Rasm al-Qur'an
c. Kaitan Rasm al-Qur'an dengan Qira'at
4. Asbab al-Nuzul
a. Pengertian dan macam-macam Asbab al-Nuzul
b. Ungkapan-ungkapan Asbab al-Nuzul
c. Urgensi dan kegunaan Asbab al-Nuzul
d. Cara mengetahui asbab al-Nuzul
5. Munasabah al-Qur'an
a. Pengertian
b. Macam-macam Munasabah dari segi sifat/keadaan dan Materi.
c. Urgensi dan Kegunaan mempelajari Munasabah
6. Al-Makki dan al-Madani
a. Pengertian
b. Klasifikasi ayat-ayat dan surah-surah al-Qur'an
c. Ciri-ciri khas ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah
d. Kegunaan mempelajarinya
7. Al-Muhkam wal Mutasyabih
a. Pengertian
b. Sikap para ulama terhadap ayat Muhkam dan Mutasyabih
c. Fawatih al-Suwar
d. Hikmah adanya ayat-ayat demikian
8. al-Nasikh dan al-Mansukh
a. Pengertian al-Nasikh dan al-Mansukh.
b. Pendapat tentang al-Nasakh dalam al-Qur’an.
c. Macam-macam al-Nasikh dan al-Mansukh.
d. Manfaat mempelajari al-Nasikh dan al-Mansukh.
9. I'jaz al-Qur'an
a. Pengertian mu’jizat
b. Macam-macam mu'jizat
c. Segi-segi Kemukjizatan al-Qur'an
10. Tafsir dan Ta'wil
a. Pengertian Tafsir dan Ta'wil
b. Persamaan dan Perbedaan Tafsir dan Ta'wil
c. Fungsi dan Manfaat Ilmu Tafsir
d. Metode Tafsir dan corak Penafsiran
11. Aliran Tafsir.
a. Pengertian dan Jenis Tafsir bi al-Ma’tsur
b. Kelebihan dan Kekurangan Tafsir bi al-Ma’tsur dan contoh kitabnya.
c. Pengertian dan Macam Tafsir bi al-Ra’yi.
d. Pandangan Ahli Tafsir terhadap Tafsir bi al-Ra’yi dan contoh kitabnya.
e. Kelebihan dan Kekurangan, serta kemungkinan pengembangan Tafsir bi al-Ra’yi.
f. Pengertian dan Macam Tafsir bi al-Isyarah.
g. Pandangan Ulama tentang Tafsir bi al-Isyarah.
h. Kelebihan dan kekurangan, serta contoh kitab Tafsir bi al-Isyarah.
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran yang akan diterapkan adalah Student Centred. Dalam pelaksanaannya mahasiswa akan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berpartisipasi dalam proses belajar baik secara intelektual maupun emosional. Mahasiswa akan ditempatkan sebagai subyek yang aktif, sedangkan dosen hanya berperan sebagai fasilitator, dinamisator, pembimbing dan pemantau proses yang berlangsung. Dengan demikian kegiatan pembelajaran merupakan sproses penciptaan lingkungan agar terjadi proses belajar secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pendekatan pembelajarannya menggunakan sistem daring (online) dengan beberapa metode, di antaranya seminar (presentasi makalah), diskusi, dan penugasan.
Tugas dan Sistem Evaluasi
a. Tugas:
Reading Assignment. Setiap mahasiswa diberi tugas untuk membaca satu topik bahasan yang akan didiskusikan pada minggu depannya. Hasil bacaan dari topik tersebut, setiap mahasiswa diharuskan membuat sebuah resume dalam bentuk peta konsep. Tugas ini adalah tugas mandiri terstruktur.
b. Sistem Evaluasi:
Sistem evaluasi yang dipergunakan adalah portofolio. Setiap mahasiswa akan dinilai secara berkesinambungan. Komponen yang akan dinilai mencakup penguasaan materi, kreatifitas, inisiatif, kehadiran dan kedisiplinan. Masing-masing komponen akan diberi nilai sebagai berikut:
1. Tugas Mandiri dan Kreatifitas : 30 %
2. Keaktifan dan Kedisiplinan : 15 %
3. UTS : 20 %
4. UAS : 35 %
Jumlah : 100 %
Referensi.
Untuk mendukung dan menunjang pembelajaran ‘Ulum al-Qur’an, maka mahasiswa dianjurkan untuk menggunakan referensi berikut dan buku-buku yang lainnya:
1. Ahmad Izzan, Ulumul Qur’an: Telaah Tekstualitas dan Kontekstualitas al-Qur’an (Bandung: Tafakkur, 2011)
2. Ali Ash-Shabuni, Pengantar Ilmu-Ilmu al-Qur’an, (Surabaya: al-Ikhlas, 1983).
3. Badr al-Din Muhammad bin ‘Abdillah al-Zarkasyi, Al-Burhan Fi ‘Ulum al-Qur’an, (Mesir: Isa al-Babi al-Halabi, t.th.).
4. Jalaluddin al-Suyuthi, Al-Itqan Fi ‘Ulum al-Qur’an, (Mesir: Isa al-Babi al-Halabi, t.th.).
5. Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an (Jakarta: Pustaka Litera AntarNusa, 2001).
6. Mawardi Abdullah, Ulumul Qur’an (Jakarta: Pustaka Pelajar, 2011).
7. Muhammad al-Zarqani, Manahil al-‘Irfan Fi ‘Ulum al-Qu’an, (Mesir: Isa al-Babi al-Halabi, t.th.).
8. Muhammad bin Alwi al-Maliki al-Hasani, Mutiara Ilmu-Ilmu al-Qur’an, (Bandung: Pustaka Setia, 1999).
9. Muhammad bin Muhammad Abu Syuhbah, Studi Ulumul Qur’an: Telaah atas Mushaf Ustmani, (Bandung: Pustaka Setia, 2003).
10. -----------, Studi al-Qur’an al-Karim: Menelusuri Sejarah Turunnya al-Qur’an (Bandung: Pustaka Setia, 2002).
11. Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, (,1998).
12. Muhammad Gufron dan Rahmawati, Ulumul Qur’an: Praktis dan Mudah (Yogyakarta: Teras, 2013).
13. Muhammad Husein al-Zahabi, Al-Tafsir wa al-mufassirun, (Mesir: Mathba’ah al-Sa’adah, t.th.).
14. Rosihon Anwar, Ulum Al-Qur’an (Bandung: Pustaka Setia, 2010).
15. Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, (1999).
16. T.M. Hasbi al-Shiddiqy, Ilmu-ilmu al-Qur’an, (Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2012).
Mataram, 15 Agustus 2016
Dosen Pengampu,
H. Lalu Agus Satriawan